Ramalan Cinta di Microsoft Excel

Ramalan Cinta Excel


Assalaamu'alaikum - Banyak ilmu yang saya dapatkan di Bogor EduCARE, diantaranya ialah Microsoft Excel. Yang sebelumnya buta Excel sekarang sudah sedikit melek Excel. Dari semua materi Excel yang diajarkan Pak Dian Ardiansyah (Dosen Excel), yang paling saya suka ialah materi membuat aplikasi dari excel. Aplikasi yang pernah diajarkan ialah aplikasi menebak hari lahir dan aplikasi tentang ulang tahun.

Dari materi tersebut, ide sederhana pun muncul. Yaitu membuat aplikasi Ramalan Cinta. Mungkin aplikasi ini sederhana dan tidak menarik, tapi pastinya akan membuat orang yang diramal tersenyum jika memang sesuai dengan keadaannya dan akan cemberut jika ramalan tidak sesuai kehendaknya. Itu pastinya lucu dan menyenangkan.

Aplikasi ini terdiri dari 3 sheet, yaitu Ramal, Hasil dan Kode. Untuk lebih jelasnya, lihat langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Rename Sheet

Buka Microsoft Excel, secara default pada Microsoft Excel 2010 akan terdapat 3 sheet. Ubah nama pada ketiga sheet tersebut. Klik kanan pada nama sheet > Rename ataupun Klik 2x pada nama sheet. Ubah nama menjadi Ramal, Hasil dan Kode.

Ramalan Cinta Excel

2. Buat Form Isian di Sheet Ramal

Buat tampilan kira-kira seperti gambar dibawah. Untuk isian Nama Kamu dan Nama Pasangan jangan lupa di Merge Cell. Dan jangan lupa membuat satu cell untuk nge-link ke sheet Hasil, contoh disini ialah cell dengan tulisan "Cek".

Ramalan Cinta Excel

3. Buat Hyperlink Menuju Sheet Hasil

Klik kanan pada cell yang akan dibuat hyperlink, lalu pilih Hyperlink. Akan muncul jendela hyperlink, klik pada bagian Place in This Document lalu pilih Hasil pada Cell Reference terakhir klik OK.


Ramalan Cinta Excel

Ramalan Cinta Excel

4. Buat Tampilan Pada Sheet Hasil

Sebagai contoh ialah buat tampilan seperti gambar dibawah.

Ramalan Cinta Excel

5. Tuliskan Pesan Pada Sheet Kode

Tuliskan pesan sebanyak mungkin, semakin banyak semakin asyik, hehe. . .

Ramalan Cinta Excel

6. Beri Nama Pada Tabel Pesan

Blok keseluruhan pesan, arahkan kursor ke bagian atas kiri, klik 2x dan ketikan "pesan". "pesan" ialah sebagai nama tabel.

Ramalan Cinta Excel

7. Ketikan Rumus Pada Sheet Hasil

Ketikan rumus pada sheet hasil kira-kira seperti gambar berikut:

=IF(OR(Ramal!C4="";Ramal!C6="");"";VLOOKUP(RANDBETWEEN(1;15);pesan;2;0))

Ramalan Cinta Excel

=Ramal!C4

Ramalan Cinta Excel

=Ramal!C6

Ramalan Cinta Excel

8. Coba Aplikasi

Tuliskan sembarang nama untuk percobaan. Setelah itu klik pada cell "Cek".

Ramalan Cinta Excel

9. Lihat Hasilnya

Jika hasilnya sesuai dengan yang kita harapkan, berarti aplikasi pun sukses dibuat.

Ramalan Cinta Excel

Selesai. Untuk tampilan bisa dikostumisasi sendiri. Untuk rumus pun bisa dimodifikasi sendiri. Selamat mencoba dan jangan lupa tertawa melihat hasilnya, hahaha . . . Semoga bermanfaat - Wassalaamu'alaikum

6 comments