Tips Mencetak Dokumen Word Agar Tidak Berantakan

Tips Mencetak Dokumen Word Agar Tidak Berantakan

Tips Mencetak Dokumen Word Agar Tidak Berantakan - Pernah nggak sobat mencetak dokumen Microsoft Word di warnet dan pas dibuka menjadi berantakan/acak-acakan? Nah, untuk yang pernah punya pengalaman pahit itu, mari simak tips singkat ini agar nggak terjebak dalam lubang yang sama.

Baca juga: Cara Menghilangkan Nomor Halaman Pada Cover

Apasih penyebab dokumen Word berantakan? Kurang amal? Bisa jadi tuh kayanya, hehe. Kasus yang paling sering sih karena perbedaan versi software Microsoft Word-nya. Ataupun jika bukan menggunakan Microsoft Word, yaitu karena perbedaan software pembukanya. Misalnya nih, dokumen tersebut dibuat di Microsoft Word tapi pas mau di-print malah pake Notepad. Ya, jelas beda jauh, hehe.

Kalo yang masalah beda versi ini kasusnya adalah dibuat menggunakan versi yang lebih tinggi dan pas dibuka menggunakan versi yang lebih rendah. Contohnya, dibuat pake Microsoft Word 2016 dan dibuka pake Microsoft Word 2007.

Untuk mengatasi hal itu, menurut saya ada 2 tips yang bisa sobat lakukan untuk menghindari dokumen Word berantakan. Apa saja? Cekidot!

Menyimpan dalam format Word 97-2003 Document

Caranya gampang banget, klik File > Save As (atau lebih cepat tekan F12) > pada 'Save as type:' pilih 'Word 97-2003 Document' > Save. Tapi terkadang, ada juga yang malah menjadi sedikit berantakan karena ya namanya juga downgrade, pasti ada kelengkapan yang sedikit berkurang daripada sebelumnya. Tapi tenang, masih ada tips kedua.


Menyimpan dalam format PDF

Tips kedua adalah menyimpannya dalam format PDF. Dokumen PDF itu lebih portable, jadi ini akan menghindari dokumen yang berantakan. Ada banyak cara untuk merubah format Doc (Word) menjadi PDF. Diantaranya adalah 2 cara dibawah ini.

1. Convert file
Sekarang sudah banyak sofware yang bisa mengkonversi file Word menjadi PDF ataupun sebaliknya. Cari aja software-nya di internet, donwload lalu gunakan. Atau jika sobat yang ingin lebih mudah, gunakan converter online - dengan syarat harus punya kuota internet.

Salah satu contoh situs yang menyediakan fasilitas ini adalah Smallpdf.com. Converter online lebih mudah dalam penggunaanya. Cara menggunakannya? Baca di artikel ini Smallpdf Makes PDF Easy.

converter file word ke pdf

2. Print dalam format PDF
Jika sobat sudah memiliki software PDF, contohnya seperti Foxit Reader, print saja dokumen Word itu menjadi format PDF agar dokumennya nggak berantakan saat di-print di tempat lain. Caranya, klik File > Print (atau lebih cepat tekan Ctrl+P) > pilih jenis printer yang ada embel-embel 'PDF-nya', karena saya pakai Foxit Reader maka pilih 'Foxit Reader PDF Printer' > klik Print > Save.

print dalam format pdf

Baca juga: Download Template Powerpoint Untuk Sidang Skripsi

Selesai deh tips mencetak dokumen Word agar tidak berantakan. Apakah ini cukup membatu? Semoga bisa membantu ya. Terlebih lagi buat sobat yang lagi ribet ngerjain skripsi. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

0 comments