Cara Membuat Warna Transparan di Powerpoint

Cara Membuat Warna Transparan di Powerpoint

Cara Membuat Warna Transparan di Powerpoint - Fitur "transparan" sepertinya masih jarang sekali digunakan untuk membuat desain slide powerpoint. Padahal fitur ini sebenarnya cukup "mengesankan" kalau kita tahu fungsi dan cara pakainya Sob.

Nah, pada postingan kali ini, saya akan bercerita tentang "Si Warna Transparan" itu. Transparan ini hanya bisa diterapkan untuk "Drawing Image" ya Sob. Contohnya seperti bentuk seperti kotak, oval dan segitiga. Dan sebenarnya nggak sulit kok membuat warna jadi transparan, hanya mungkin belum tahu saja letak pengaturannya dimana. So, lets check below!

Keistimewaan Warna Transparan

Eitss, jangan buru-buru langsung ke bawah, mungkin kalian perlu tahu keistimewaan si warna transparan ini. Seistimewa apasih kalau pakai warna yang transparan? Setelah kalian mencoba sendiri, kalian akan tahu keistimewaannya. 

Sebagai bocoran, saya kasih tahu ya kalau warna transparan itu bisa membuat background gambar jadi lebih elegan. Pakailah warna hitam lalu dibuat transparan sekian persen dan hasilnya akan indah elegan. Coba saja lihat gambar dibawah ini.


Gambar diatas adalah salah satu slide yang ada di Contoh Presentasi Pengenalan Produk.

Coba perhatikan lagi gambar diatas, ternyata ada lagi keistimewaan warna hitam transparan ini yaitu membuat tulisan "bisa dibaca". Kalau nggak pakai transparan, tulisan nggak begitu terlihat karena terlalu kontras dengan background-nya.

Dan untuk keistimewaan lainnya, kalian bisa explore sendiri ya Sob, hehe...

Langkah Mengatur Transparansi Warna

Okeh, kita lanjut ke langkah-langkah bagaimana mengatur warna menjadi transparan. Cukup simple sebenarnya, yaitu:

1. Buat bentuk (shape) sesuai dengan desain yang kalian buat di slide.

Cara Membuat Warna Transparan di Powerpoint

2. Klik kanan pada shape, lalu pilih "Format Shape".

Cara Membuat Warna Transparan di Powerpoint

3. Akan muncul panel di bagian kanan, pilih icon "Fill & Line" (seperti ember tumpah) ➜ klik "Fill" ➜ atur "Transparency" sesuai selera.

Cara Membuat Warna Transparan di Powerpoint

4. Selesai.

Gambar diatas adalah screenshot di Microsoft Powerpoint 2016. Dasarnya sama, kalian bisa menyesuaikan jika pakai versi Powerpoint yang lain.

Mudah kan Sob? Monggo dicoba sekarang juga. Sedikit tips dari saya, warna transparan ini bisa kalian pakai di slide yang full image (bergambar penuh) dengan kombinasi warna-warna gelap. Warna gelap akan mengurangi kontras dan memberi efek elegan pada gambar.

Semoga simple post tentang cara membuat warna transparan ini dapat bermanfaat ya Sob. Sampai jumpa di next post ya Sob. Bye.

0 comments