Tokopedia VS Bukalapak, Siapa Jagoanmu?

Tokopedia VS Bukalapak, Siapa Jagoanmu?

Tokopedia VS Bukalapak, Siapa Jagoanmu? - Saat ini sedang marak-maraknya dunia online, semua serba online. Mulai dari tukang ojek, jualan sendal jepit sampai-sampai tukan sedot WC juga online. Emm.... Mantap emang ya, Go Online.

Sekarang itu zamannya informasi, dimana kita bisa mendapatkan berbagai informasi dengan cepat dan mudah. Hal ini juga sampai ke dunia perdagangan. Sudah sangat banyak toko-toko yang Go Online. Mereka membuat website untuk menjual produknya. Tapi di Indonesia sendiri masih terbilang sangat sedikit yang memanfaatkan media untuk jualan.

Mungkin salah satu faktor terbesar adalah minimnya ilmu tentang "Bagaimana sih caranya jualan online?" Ya, begitu kan? Sama saya juga begitu, belum ngerti-ngerti banget. Tapi untungnya nih, ada marketplace yang menyediakan fasilitas untuk jualan online. Jadi, kita nggak perlu pusing-pusing buat website sendiri. Tinggal upload gambar lalu kasih harga, sudah bisa jualan online. Tapi sebelumnya, tahu nggak apa marketplace itu?


Apa sih arti marketplace itu?

Kalo di Indonesia itu, "marketplace" bisa diartikan "lapak" atau "toko jual beli online", yaitu tempat berjualan. Seperti pasar aja gitu, tempat jualan apa saja. Tapi perbedaannya, marketplace ditujukan untuk "pasar online", yaitu pasar digital yang bisa diakses melalui internet. Siapa saja bisa akses dan beli di marketplace, asal memenuhi 2 syarat, yaitu punya duit dan punya kuota internet, hehe.

Tahu Tokopedia dan Bukalapak? Nah, itu adalah contoh marketplace yang ada dan sudah terkenal di Indonesia.

Tokopedia VS Bukalapak

Kalau disuruh pilih, Tokopedia VS Bukalapak, kalian pilih mana? Nah, untuk menjawabnya kalian bisa baca sedikit review saya mengenai kelebihan dan kekurangan dari Tokopedia dan Bukalapak. Berikut perbandingannya.

1. Tampilan Situs

Pada dasarnya Tokopedia dan Bukalapak memiliki tampilan yang sama, sama-sama menarik dan elegan. Kalau Tokopedia dominan warna hijau dan Bukalapak warna merah. Di homepage-nya sendiri, ada beberapa perbedaan. Contohnya kalau di Tokopedia menampilkan promo, event ataupun info terbarunya di homepage sedangkan di Bukalapak itu hanya promo-promonya saja. Contoh kedua, di Tokopedia desainnya pakai warna-warna kalem sedangkan di Bukalapak pakai warna yang lebih terang.

Kalau dari segi kenyamanan, keduanya sama-sama nyaman. Sebagai pembeli kita akan mudah menemukan produk yang kita inginkan. Sedangkan sebagai penjual kita akan mudah berjualan disana karena fitur-fiturnya yang okeh banget.

2. Barang-barang yang dijual

Kedua marketplace besar itu memiliki beragam penjual dengan beragam pula barang yang dijual. Mulai dari jepitan, sikat WC, makanan, pakaian, semua ada. Segmentasi kedua marketplace ini pun umum, yaitu merangkum semua golongan baik kecil, menengah atau menegah keatas. Namun sepengalaman saya, beli peralatan rumah tangga lebih pas di Tokopedia sedangakan kalau beli peratalatan teknologi lebih pas di Bukalapak. Tapi entahlah, ini kan hanya pengalaman pribadi saja, hehe.

Pada intinya sih, keduanya sama-sama oke dari sisi barang yang dijual. Mengapa? Karena mereka punya banyak penjual. So, semakin banyak penjual, semakin banyak juga barang yang dijual.

3. Metode Pembayaran

Awalnya memang Tokopedia dan Bukalapak hanya mendukung metode pembayaran melalui kartu kredit. Namun seiring berjalannya waktu, karena pembeli dan penjual pun semakin banyak, mereka melakukan penambahan metode pembayaran. Apa saja? Ada pembayaran via online yang langsung terintegrasi oleh sistem bank-bank lokal sehingga tidak perlu repot konfimasi pembayaran lagi. Selain itu juga ada saldo, jadi penjual atau pembeli bisa top up saldo layakya pulsa sehingga saat membeli barang tidak perlu transfer lagi, cukup pakai saldo saja. Memang awalnya saldo ini hanya ada di Bukalapak, baru setelah itu Tokopedia pun menyediakan fitur ini.

Apapun metode pembayarannya, kedua marketplace ini selalu berusaha menyediakan metode pembayaran terbaik, termudah dan tercepat.

4. Reputasi di Hati Netizen

Baik Tokopedia ataupun Bukalapak tentu memiliki penggemarnya sendiri-sendiri. Reputasi keduanya pun baik di hati netizen secara umum. Walaupun Tokopedia bisa dikatakan pendahulu dan Bukalapak adalah pendatang, tapi keduanya sama-sama memiliki andil besar dalam menyebarluaskan jualan go online ini. Sehingga siapapun saat ini bisa berjualan online dengan mudah, melebarkan sayap penjualan ke berbagai pelosok negeri dan menciptakan usaha sendiri.

Kesimpulan

Dari ke-4 poin diatas, kalian lebih memilih Tokopedia atau Bukalapak? Kalau saya sih dua-duanya, karena dua-duanya sama-sama okeh, hehe. Kesimpulannya, keduanya memiliki fitur-fitur unggulan yang akan membuat kalian nyaman dan aman berbelanja disana. So, Tokopedia VS Bukalapak Jagoanku Dua-duanya.

Semoga postingan yang agak berantakan (atau memang berantakan) ini bisa bermanfaat bagi kalian, pengunjung setia siyusuf.com, hehe. Sampai jumpa lagi kawan.

0 comments